Logo Kejaksaan Kejaksaan Negeri
Jakarta Selatan

Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana Umum Yang Telah Memiliki Kekuatan Hukum Tetap Bulan Agustus Tahun 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 15:00:00 | Press Release

Pada hari Kamis tanggal 12 Agustus 2021, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan selaku eksekutor perkara Tindak Pidana berdasarkan UU, melakukan Pemusnahan Barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap diantaranya barang bukti Narkotika, Psikotropika, Senjata Tajam, Uang Palsu dan barang bukti jenis lainnya, di halaman kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Pemusnahan barang bukti dihadiri dan disaksikan oleh, Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan, Badan Narkotika Nasional (BNN), Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, para Kasi, Kasubagbin, para Pegawai Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dan media cetak.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Bapak Sunarto, S.pd, SH, MH, dalam sambutannya mengatakan pemusnahan Barang Bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap tersebut merupakan kegiatan rutin Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan yang merupakan Tindak Lanjut dari tugas Jaksa untuk mengeksekusi barang bukti terhadap perkara yang telah memperoleh kekuatan Hukum tetap.

Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Bapak RESSY RHONEH T.S, SH.,MH, menyampaikan barang bukti yang dihancurkan adalah barang bukti perkara Tindak Pidana Umum berupa :

  1. Narkotika Jenis Ganja, dengan Jumlah perkara : 33 perkara, jumlah barang bukti : 13,9 kilo gram.
  2. Narkotika Jenis Shabu, Jumlah perkara : 144 perkara, jumlah barang bukti : 1,7 kilo gram.
  3. Narkotika Jenis Tembakau Gorilla, Jumlah perkara : 15 perkara, jumlah barang bukti : 1 kilo gram.
  4. Psikotropika jenis Heroin Jumlah Perkara : 2 Perkara, jumlah barang bukti : 13 gram.
  5. Ekstasi dan obat terlarang lainnya, jumlah perkara : 8 perkara, jumlah barang bukti : 113 tablet atau 223 gram.
  6. Senjata tajam (sajam) jumlah perkara : 15 perkara, jumlah : 26 buah.
  7. Uang Palsu jumlah perkara : 4 perkara, jumlah : 7500 lembar.
  8. barang bukti lain HP berbagai merk jumlah : 113 perkara, jumlah barang bukti : 162 buah, barang bukti bong, alat togel dan lainnya.

Barang bukti berupa Narkotika dan Psikotropika pemusnahannya dilakukan dengan cara dibakar dan direbus dengan air kemudian dibuang sehingga tidak dapat digunakan lagi. Sedangkan Barang bukti lainnya dilakukan pemusnahannya dengan cara  dibakar dan dihancurkan dengan mesin penghancur atau dibakar sehingga tidak dapat digunakan lagi.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan yang diwakili oleh Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Bapak Sunarto, Spd, SH, MH, secara simbolis menyalakan api dalam tumpukan barang bukti dan diikuti oleh Pihak dari Polres Jakarta Selatan, BNN dan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, para Kasi, Kasubagbin, para Pegawai Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dan media cetak.

Pelaksanaan pemusnahan barang bukti berjalan lancar, aman tertib dan sesuai ketentuan yang berlaku.

Foto Galeri

Berita Terkait

News Ticker

  • Sebagai Langkah Pencegahan Penyebaran Covid -19 Kegiatan Pengambilan Tilang di Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Dihentikan untuk Sementara Waktu Sampai Waktu Yang Belum Ditentukan.
  • 1. Pelayanan Tilang Cash On Delivery (COD) Khusus Wilayah DKI Jakarta (Pendaftaran melalui Whatsapp Nomor : (0852-8739-4167).
  • Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan melaksanakan penegakan hukum dengan hati nurani dan berdasarkan undang-undang
  • Masyarakat yang akan memberikan masukan, kritik dan saran atau melaporkan suatu tindak pidana korupsi dapat melalui web site Kejari Jaksel pada ruang Konsultasi
  • ISI SITUS BERSIFAT INFORMATIF BUKAN MERUPAKAN LEGAL OPINION DARI KEJAKSAAN R.I. APABILA TERDAPAT DATA ELEKTRONIK BASED YANG BERBEDA DENGAN DATA RESMI PAPER, MAKA YANG MENJADI ACUAN ADALAH DATA RESMI PAPER BASED.