Logo Kejaksaan Kejaksaan Negeri
Jakarta Selatan

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara PT. Bank Negara Indonesia TBK dengan Kejari Jaksel

Selasa, 25 Mei 2021 14:22:23 | Press Release

Pada hari Selasa tanggal 25 Mei 2021, telah dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dengan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan terkait penyelesaian permasalahan Hukum dibidang Perdata dan Tata Usaha Negara yang bertempat di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Kerjasama ini ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama yang dilakukan oleh Bapak Nurcahyo J.M., SH., MH selaku Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dengan  5 Kepala Cabang Jakarta Selatan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, yang dihadiri oleh Bapak Sunarto, S.Pd., SH., MH selaku Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara, Para Kepala Seksi, seluruh Jaksa Pengacara Negara dan Staf pada Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan mengatakan bahwa Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan mempunyai beberapa bidang, diantaranya bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), khusus bidang ini dapat mewakili Negara mewakili Lembaga Negara, Instansi Pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan Hukum, tentunya dengan SKK (Surat Kuasa Khusus). Kajari juga memaparkan  mengenai tugas dan wewenang Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara yaitu JPN (Jaksa Pengacara Negara) dapat melakukan Penegakan Hukum, Bantuan Hukum, Pelayanan Hukum, Pertimbangan Hukum yang meliputi LA (Legal Assistance) dan LO (Legal Opinion), dan Tindakan Hukum Lainnya kepada Instansi Pemerintah dan Negara, BUMN/BUMD untuk menyelamatkan kekayaan negara dan menegakkan kewibawaan pemerintah berdasarkan peraturan perundang-undangan dan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Jaksa Agung RI, kemudian Kepala kejaksaan Negeri Jakarta Selatan memaparkan jumlah penyelamatan keuangan negara yang berhasil dipulihkan sepanjang tahun 2020 sampai bulan Mei 2021 adalah sebanyak kurang lebih Rp. 515.836.591.483,-.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara tersebut meliputi pemberian Bantuan Hukum dalam perkara Perdata maupun Tata Usaha Negara, berdasarkan Surat Kuasa Khusus, baik sebagai Penggugat/Penggugat Intervensi/ Pemohon/ Pelawan/ Pembantah atau sebagai Tergugat/ Tergugat Intervensi/ Termohon/ Terlawan/ Terbantah yang dilakukan secara litigasi maupun non litigasi, termasuk di dalamnya membuat surat peringatan atau somasi untuk kepentingan PT. Bank BNI, Pertimbangan Hukum dan Tindakan Hukum lainnya yang dihadapi oleh PT. Bank BNI, baik di dalam maupun di luar Pengadilan.

Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Bapak Sunarto,S.Pd,SH., MH, mengatakan akan langsung mengevaluasi setiap MoU yang di selenggarakan jika dalam jangka waktu kurun waktu pelaksanaan kerjasama tidak ada progress oleh karena itu dalam setiap MoU dimasukkan klausal para pihak sepakat segera menindaklanjuti perjanjian MoU setelah dilakukan penandatanganan.

News Ticker

  • Sebagai Langkah Pencegahan Penyebaran Covid -19 Kegiatan Pengambilan Tilang di Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Dihentikan untuk Sementara Waktu Sampai Waktu Yang Belum Ditentukan.
  • 1. Pelayanan Tilang Cash On Delivery (COD) Khusus Wilayah DKI Jakarta (Pendaftaran melalui Whatsapp Nomor : (0852-8739-4167).
  • Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan melaksanakan penegakan hukum dengan hati nurani dan berdasarkan undang-undang
  • Masyarakat yang akan memberikan masukan, kritik dan saran atau melaporkan suatu tindak pidana korupsi dapat melalui web site Kejari Jaksel pada ruang Konsultasi
  • ISI SITUS BERSIFAT INFORMATIF BUKAN MERUPAKAN LEGAL OPINION DARI KEJAKSAAN R.I. APABILA TERDAPAT DATA ELEKTRONIK BASED YANG BERBEDA DENGAN DATA RESMI PAPER, MAKA YANG MENJADI ACUAN ADALAH DATA RESMI PAPER BASED.