Logo Kejaksaan Kejaksaan Negeri
Jakarta Selatan

Kejari Jaksel Terima Penyerahan Tahap II Perkara Tipikor Program GMP 100 Juta Pohon Yang Rugikan Negara Rp.65,9 M

Kamis, 27 April 2017 16:00:00 | Press Release

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) telah menerima penyerahan tersangka dan barang bukti (Tahap II) perkara dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) Penyalahgunaan Dana CSR pada Program Gerakan Menabung Pohon (GMP) 100 Juta Pohon Tahun 2011 s/d Tahun 2015 yang merugikan keuangan negara sebesar Rp.65,9 Milyar atas nama  tersangka dengan inisial “Ir. WA” (mantan Sekretaris Yayasan Pertamina) dari penyidik Mabes Polri. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan melalui Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Bapak Yovandi Yazid, SH,MH “Hari ini, Kamis tanggal 27 April 2017 sekitar jam 12.00 Wib, Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejari Jaksel telah menerima penyerahan tersangka dan barang bukti (Tahap II) perkara perkara dugaan tindak pidana korupsi Penyalahgunaan Dana CSR pada Program Gerakan Menabung Pohon (GMP) 100 Juta Pohon Tahun 2011 s/d Tahun 2015 atas nama  tersangka dengan inisial “Ir. WA” (mantan Sekretaris Yayasan Pertamina) dari penyidik Mabes Polri.”

Perbuatan tersangka melanggar Pasal 2 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Bapak RAIMEL JESAJA, SH, MH mengatakan bahwa Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan telah menyiapkan Jaksa Penuntut Umum dari Kejari Jaksel untuk bergabung dengan Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Agung RI. Kejari Jaksel akan segera melimpahkan perkara tersebut ke pengadilan tipikor dan terhadap tersangka dilakukan penahanan oleh Penuntut Umum selama 20 hari terhitung mulai tanggal 27 April 2017 di Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang Jakarta Timur, sesuai kewenangan Jaksa Penuntut Umum yang tertuang dalam KUHAP.

News Ticker

  • Kejari Jaksel melayani pengambilan SIM-STNK-KIR kendaraan bermotor terhadap pelanggar lalu lintas yang diputus verstek tanpa kehadiran pelanggar di PN Jaksel dan dapat diambil pada hari Senin s/d Kamis jam (08.00 - 15.30 Wib)
  • Untuk Hari Jum'at, jam (08.00 - 15.30 Wib) Kejari Jaksel hanya melayani pengambilan SIM-STNK-KIR kendaraan bermotor sesuai tanggal pada hari sidang yang ditentukan dalam surat bukti tilang
  • Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan melaksanakan penegakan hukum dengan hati nurani dan berdasarkan undang-undang
  • Masyarakat yang akan memberikan masukan, kritik dan saran atau melaporkan suatu tindak pidana korupsi dapat melalui web site Kejari Jaksel pada ruang Konsultasi
  • ISI SITUS BERSIFAT INFORMATIF BUKAN MERUPAKAN LEGAL OPINION DARI KEJAKSAAN R.I. APABILA TERDAPAT DATA ELEKTRONIK BASED YANG BERBEDA DENGAN DATA RESMI PAPER, MAKA YANG MENJADI ACUAN ADALAH DATA RESMI PAPER BASED.